Selayang Pandang Pusat Pengembangan Karir dan Alumni PPNS

Pusat Pengembangan Karir dan Alumni (P2KA) merupakan lembaga kelengkapan Perguruan Tinggi untuk memfasilitasi para lulusannya dalam usaha mencari kerja maupun mengembangkan karirnya. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya sebagai salah satu perguruan tinggi dengan konsentrasi studi vokasi tentu akan kurang bermakna kehadirannya tanpa memiliki Pusat Karir. Bertolak dari hal tersebut maka pada tahun 2014 dibentuklah Pusat Pengembangan Karir dan Alumni PPNS.

Pusat Pengembangan Karir dan Alumni PPNS terlahir dari perkembangan unit tracer study PPNS yang sudah ada sebelumnya. Dengan PPNS memiliki Pusat Pengembangan Karir dan Alumni diharapkan urusan berkaitan dengan pengembangan karir serta alumni dapat tertangani secara baik dengan tetap memperhatikan pendataan lulusan. Selama ini unit tracer study telah mampu melaksanakan fungsinya untuk pendataan alumni seperti mendata kecepatan lulusan dalam mencari kerja, kesesuaian pekerjaan alumni dengan ijazah, dan lain-lain. Seiring perkembangan yang dialami PPNS, maka data tersebut hanya sebuah data yang mendeskripsikan keadaan alumni dengan responden yang ada. PPNS menginginkan data yang telah dimiliki dapat mengalami perkembangan yang positif seperti masa tunggu kerja semakin singkat, bidang pekerjaan lulusan sesuai dengan kualifikasi ijazah, dan semacamnya. Untuk mewujudkan hal tersebutlah maka unit tracer study PPNS berkembang sebagai Pusat Pengembangan Karir dan Alumni. Kegiatan dan layanan yang umum dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Karir dan Alumni PPNS antara lain berupa:

1. Fasilitasi rekrutmen tenaga kerja
2. Publikasi informasi lowongan kerja
3. Pelatihan karir
4. Tracer study
5. Konsultasi karir, dan
6. Hubungan alumni.

Pusat Pengembangan Karir dan Alumni PPNS telah hadir untuk kemajuan perkembangan bersama antara PPNS, lulusan dengan dunia usaha dan industri. Tanpa adanya sinergisitas antara ketiganya tentu kemajuan perkembangan tentu akan sulit tercapai. Oleh karena itu, Pusat Pengembangan Karir dan Alumni PPNS senantiasa berharap mendapatkan dukungan dari para stakeholder.